Sunday, September 30, 2012

Planning a Long-Distance Wedding

Sesuai dg title di atas, aku akan share bagaimana cara merencanakan pernikahan apabila lokasi CPW jauh dengan orangtua, yang notabene juga jauh dari tempat akan dilangsungkannya pernikahan..

Kenapa aku bisa share ini? Karena aku tinggal di kalimantan, akan menikah di jakarta dan hampir semuanya aku urus sendiri, without wedding organizer selain mama dan tante (sahabat mama).. Ini yg paling penting dari ngurus nikahan dari tempat yang jauh, adanya orang terpercaya yg bisa ngewakilin.. Kalo mama ngga bisa (atau ngga mau), bisa berdayakan saudara, lebih baik sodara kandung, lebih bagus lagi kalo adek cewe jadi terpercaya seleranya dan bisa dsuruh2.. ahahahaha.. Lalu, saat di tempat yg jauh dari rumah itu, cari tau sebanyak2nya lewat internet vendor2 pernikahan.. sebenernya ini bisa dilakukan bahkan sebelum lamaran/ tunangan, yang penting pacar sudah mengutarakan maksudnya utk mempersunting.. jangan rencanain dulu sebelum pacar ngelamar ya, we never know what's gonna happened..

Pengalamanku, website weddingku sangat membantu dalam pencarian vendor ini.. apalagi bagian forum.. it really gives you all the information about wedding vendors, especially in jakarta.. and you can gain more friends (and bestfriends) from here.. karena yang mainannya forum weddingku kebanyakan besar adalah capeng2 yang sedang merencanakan pernikahan.. Pengalamanku malah sekalian ikut group bbm yang orang2nya ketemu di weddingku.. read this for more story.. aahh.. back to topic..

First thing to do after he (and his family) proposed (formally), saat cuti itu jg cari gedung secepatnya.. sebenernya kalo bisa dilakukan setelah dia melamar (informally), langsung booking aja dulu.. karena menurut pengalamanku, 10 bulan sebelum hari H bahkan ga cukup buat dapet tanggal yg dimauin di gedung yang dipinginin.. for example: aku (tadinya) mau tgl 3 november menikah, akad pagi, resepsi malem.. tapi gedung yg aku pingin hanya ada tanggal 13 okt siang, 28 okt siang, 24 nov siang.. well, you really doesn't have much choices.. and then we said goodbye to night-event..

Nah, selain gedung, segera booking catering dan rias di minggu yg sm saat sdg di kota tempat nikahan.. kalo perlu setiap hari pergi TF (test food) dan sulrvei ke tempat rias.. mengapa? karena katering terbatas hanya melayani beberapa pernikahan pada setiap waktu (jam dan tanggal yang sama).. kalo perias, kita mau dong dipegang sm perias utamanya sanggar tsb, nah kalo perias utama biasanya cepet dibooking orang, jadi harus buru2 kan.. Buat pemilihan 2 vendor ini, bisa aja pilih catering paketan, yg sekarang lagi marak di jakarta, yang paketannya biasanya terdiri dari katering, rias, dekor, dokumentasi dan entertainment.. kalo vendor lepasan jelas ya, mesti kerja extra, tapi saya sendiri memilih vendor lepasan.. selain lebih enak milih2nya, ga terbatas karena paket, juga karena katering yg saya mau tidak ada paketannya..

Setelah itu, atur jadwal cuti atau kepulangan ke kota tempat nikahan itu, kalau bisa berkala, untuk mengurusi printilan yang lain.. Buat check list dan timeline kapan saja waktu untuk mengurusi semua itu.. misalnya undangan, usahakan sdh survei 4 bulan sebelum hari H, sehingga H-2 bulan sudah bisa pesan, cetak dan H-1 bulan sudah jadi.. usahakan pulsa buat telepon tetep banyak dan internet lancar, you'll need that (a lot).. Cari vendor yang sudah berpengalaman di bidangnya (jelas lah ya), dan yang ga sulit utk dihubungin.. misalnya buat bikin kebaya, cari yg ga terlalu rame pesanan, atau misalnya keukeuh pake vendor tersebut, siapkan pesanan ke dia dari jauh2 hari, dan langsung atur jadwal fitting di tanggal cuti/ pulang..

yang terpenting sih, siapin hati dan pikiran krn semua masalah (misalnya ada) ga bisa di handle langsung ke vendor/ orang terkait.. harus santai..! apapun yang terjadi, pernikahan akan tetap terlaksana baik pake vendor tsb ataupun tidak.. seperti kalo undangan telat selesainya, kepala harus dingin, hati juga harus dingin karena yg akan sering panas adalah telinga gara2 sering dipake nelponin vendor ybs buat ngecek..ehehehe

Well, itu saja dari saya, mudah2an membantu..

cheerio

1 comment: